Kategori

Rabu, 20 Maret 2013

Antara CDI, Cakram, Filter Udara

Ada yang nanya nih :

CDI, Cakram, dan Ferrox?
saya mau tanya, jika kalian di berikan 2 pilihan, maka anda akan memilih mana saja di antara CDI, Cakram, dan ferrox. saya bingung soalnya, motor saya yamaha byson.

=============================================================================

Jawab :

pertama pasti cakram..
dua pilihan lainnya akan menambah tenaga mesin, jadi harus memikirkan faktor keamanan..



tapi jangan asal beli cakram, pilih yang benar-benar berkualitas..
jangan asal lebih lebar dikira lebih pakem, padahal kenyataannya ngga selalu begitu..
kepakeman juga dipengaruhi oleh materialnya, kalo material licin ya mana mungkin pakem..
jadi, tanyakan pengalaman dari orang yg pernah ganti cakram, kalo bisa coba juga motornya, rasakan bedanya..

vixion saya mau ganti cakram lebar dg harga sekitar 150ribuan, kok lebih murah dari ori-nya?
(di web resmi yamaha harganya 178ribu kalo ngga salah)
ternyata pengalaman dr yg pernah pake, katanya pakemnya kurang lebih masih sama ky ori-nya..
trus disarankan pake PSM yang harganya sekitar 2x nya bahkan lebih..
bukan bermaksud promosi merk, tapi memang katanya itu cakram lebar yg lebih pakem..

tentang CDI atau ferrox, saya tidak tahu CDI apa yg bagus untuk byson, tapi kalo ferrox udah pasti kualitasnya..
kalo saya, mending ferrox dulu aja..
apalagi CDI cepat berkembang, jadi sambil nabung lagi buat beli CDI, ntar pati dapet yg lebih baik dari yg ada sekarang..

Vixion Ganti Ban Tubeless


Ada yang nanya nih :

vixion ganti ban tubeless ?
mau nanya neh bisa gak ya velg standar vixion pake ban tubeless, klo bisa pake ukuran berapa yang pas ?? gak nyari gede nya kok yang penting nyaman buat dipakai :O
trus pake merk apa yang bagus ya kira"??

terimakasih

=============================================================================



Jawab :

Bisa.
Umumnya semua velg balok bisa dipake tubeless.

Tapi syaratnya, velg harus kondisi normal, ngga boleh ada yg peyang biar ngga ada angin yang bocor lewat bibir velg.
Proses ganti tubeless itu juga ngebor dikit lubang pentil di velg buat dipasang pentil khusus tubeless yang harganya kisaran 15ribu - 25ribu rupiah.

Tentang ukuran, samakan saja dengan ukuran standarnya.
Misalnya tetep pengen digedein, maksimal 1 tingkat saja, karena jika pake ukuran lebih besar lagi, bentuk ban akan menjadi terlalu bulat atau istilahnya men-donat.

Untuk kualitas ban ya tergantung selera dan kantong. kalo saya pake ban racing, jadi kualitas jauh lebih baik dan kalo kata orang lebih cepat habis, saya sendiri membuktikan hal itu salah.
Teorinya memang ban lebih lunak akan lebih cepat habis, tapi ban racing itu selain lebih lunak daripada ban biasa, juga lebih awet dari ban biasa.
Jadi kira-kira usianya sama lah sama ban biasa.
Kalo ban biasa yang tubeless yang saya tahu dan pernah pake cuma FDR Genzi, tipe itu ada beberapa ukuran kok untuk ring 17.

Pilihan ban racing ukuran 90/80-17:
FDR MP27
FDR MP57
FDR MP76
FDR Sport XT
FDR Sport XR (ada ukuran 120 lho)
IRC Razzo 166
IRC Razzo 221

Selasa, 19 Maret 2013

Kapan menurunkan gigi?


Ada yang nanya nih :

bro, jadi nurunin gigi tu pas mau berhenti?
misal 10 m sblum brhenti
kalau agak kenceng suka geru
dari gigi 3 ke 2
apa memang gitu?

============================


Jawab :

Kapan nurunin gigi bukan masalah mau berhenti atau jauh sebelum berhenti.
Yang perlu diperhatikan dalam hal waktu yang tepat buat nurunin gigi adalah kondisi mesin.
Jadi nurunin gigi bukan selalu pas mau berhenti, tapi di waktu RPM/putaran mesin yang pas.

Mungkin agak bingung kalo saya bilang nurunin gigi berdasar RPM.
Sebenarnya sama dengan kondisi sebaliknya, menaikkan gigi.
Kapan kita harus menaikkan gigi?
Hampir semua orang tahu, sekitar RPM agak tinggi.
Tapi yang belum diketahui orang-orang kebanyakan adalah untuk apa menaikkan gigi pada RPM itu?

Jawabnya adalah agar ketika naik gigi, mesin kuat meneruskan putaran mesin karena semakin naik gigi akan semakin berat.
Coba saja menaikkan gigi pada RPM rendah, pasti setelah naikin gigi jadi berat dan motor ngga mau lari.

Nah itu berlaku juga untuk nurunin gigi.
Kita harus mengira-ngira agar seelah turun gigi RPMnya pas dengan gigi yang lebih kecil yg berarti lebih ringan dan berpengaruh pada engine brake.
Semakin tinggi RPM saat nurunin gigi, engine brake akan semakin besar, dan juga sebaliknya.
Jadi usahakan engine brake tetap senada dengan deselerasi atau perlambatan kendaraan kita, yang berarti jangan juga terlalu rendah RPMnya waktu nurunin gigi sehingga ngga berasa engine brake-nya.

Senin, 18 Maret 2013

Oli Motor Matic



Ada yang nanya nih :

Oli mesin bm 1 pc 1000 apa bisa untuk matic?

============================================

Contoh kemasan BM1 PC1000


Jawab :

kalo matik mending pake oli yg memang untuk matik.
kenapa? soalnya oli mesin motor matik hanya melumasi sekitar piston, tidak melumasi kopling.
kalo oli motor non matik biasanya ada kandungan anti slip koplingnya, dan di matik tidak dibutuhkan itu.
oli khusus matik tidak mengandung aditif anti slip kopling dan biasanya ditambahkan kandungan molybdenum agar lebih licin. karena lebih licin, maka oli khusus matik tidak bisa untuk motor non matik yang menggunakan sistem kopling basah (terendam oli) karena molybdenum itu membuat kopling licin dan tidak menggigit.

Karburator Jupiter Z


Ada yang nanya nih :

Mau tanya nih..carburator yg bagus buat jupiter z apa ya..?
terus harganya berapa..?

=======================================

Kalo ini mah FCR racikannya Yoshimura :P


Jawab :

kondisi mesinnya gimana tuh?

biasanya pada pake punya RX king atau ninja..
punya king venturinya 26, kalo ninja 28, jadi disesuaikan kebutuhan aja..

trus carinya jangan yg KW ya.. susah nyettingnya..

Minggu, 17 Maret 2013

Pengen motor kenceng?

Ada yang nanya nih :

Pengen hsx gw kenceng...?
agan gue punya hsx 125 R tahun 2011....
kalo aku pake CDI BRT hyper n ganti busi racing...
bsa gk nempelin vixion...??
jujur, kalo mesin gk brani sentuh...

====================================

Jawab :

saya sendiri bingung soalnya pertanyaannya kurang jelas.
trus juga maksudnya ga berani sentuh mesin itu gmn?

saya jadi balik nanya :
sebelumnya, kenapa kok mau kenceng? maunya seberapa kenceng? mau modif, sudah paham apa belum?

Gambar : Motorplus


tenaga mesin dipengaruhi :
1. besarnya kapasitas silinder
2. kompresi (berpengaruh pada penggunaan jenis bahan bakar)
3. aliran gas, termasuk volume dan kecepatannya
4. pembakaran/pengapian
5. komponen penerus daya

1-4 itu biasa dikenal dg istilah engine
sedangkan penerus daya (5) dikenal dg istilah machine

motor agan pake mesin 4 tak, jadi kalo tujuannya HANYA mau kencang, solusinya :

1. besarkan kapasitas silinder (cc). jika akan menempuh langkah ini, konsultasikan dulu pada mekanik yg sudah kenal dan terpercaya agar hasilnya tidak mengecewakan. di sisi lain, langkah ini tidak wajib.

2. naikkan kompresi dengan mempersempit kubah ruang bakar atau menaikkan stroke. lagi-lagi harus konsultasi dg mekanik yg sudah kenal dan terpercaya.
semakin tinggi kompresi, maka bahan bakar juga dituntut menggunakan oktan yg lebih tinggi, dan tentunya lebih mahal. hindari menggunakan aditif peningkat oktan karena selalu ada efek sampingnya. tetap gunakan bahan bakar yang memang beroktan lebih tinggi. hal ini tidak bisa dikatakan wajib atau tidak, karena memang menyesuaikan kebutuhan.

3. tentang aliran gas, pertama memperlancar gas masuk atau gas campuran udara dan bensin. banyak cara yg bisa ditempuh, bisa melakukan porting and polishing pada saluran isap (saluran buang juga) dan/atau mengganti/memodifikasi noken as/camshaft agar bukaan klep masuk (dan klep buang) lebih bisa mengalirkan lebih banyak gas. bisa juga dengan mengganti karburator dengan ukuran yang lebih besar tapi jangan terlalu besar apabila tidak melakukan porting and polishing dan/atau main noken as, karena gas dari karburator yg lebih banyak tidak akan mengalir sepenuhnya karena salurannya tetap kecil atau klep membukanya kurang lebar maupun kurang lama.
Oke anggap saja gas masuk sudah dikonsultasikan ke mekanik yg kenal dan terpercaya dan sudah beres. sekarang giliran gas buang. melakukan porting and polishing dan memainkan noken as tentunya tidah hanya pada saluran masuk saja, tetapi juga pada saluran buang. berarti akan sudah beres juga jika sudah melakukan langkah-langkah itu. terakhir tinggal mengganti knalpot untuk memperlancar dan mengendalikan gas buang yang keluar dari saluran buang itu tadi.

4. pembakaran/pengapian bisa dimaksimalkan dengan mengganti busi yang lebih baik daya hantar listriknya dan mengubah timing pengapian. jaman sekarang makin gampang, sudah ada CDI aftermarket yang bisa mengubah timing pengapian dsb, tinggal beli dan pasang. lebih baik lagi jika mengganti/memodifikasi sumber listrik baik itu spul dan magnet untuk pengapian AC maupun aki untuk pengapian DC dengan yang lebih baik dalam menghasilkan listrik. jangan lupa kabel-kabel dan perangkat pendukung kelistrikan yg lain harus dalam kondisi baik semua.

5. tenaga yang dihasilkan oleh engine akan diteruskan ke roda belakang. jika dalam penyaluran daya ini ada banyak hambatan, mana bisa kenceng? yang paling penting adalah sistem kopling dan final gear. jika kampas kopling sudah tipis maka tenaga akan banyak yg terbuang dan tidak tersalurkan ke roda belakang, jadi harus tahu kapan waktunya mengganti kampas kopling. mau lebih? ganti kampas kopling dengan bahan yang lebih baik dan/atau ukuran luas permukaan yang lebih besar. ganti juga per kopling dengan yang lebih keras, tapi pilih yang tahan lama. per kopling bisa diakali dengan mengganjal ring supaya lebih keras tapi tetap awet karena spare part ori memang kuat.
final gear yang penting perawatan, bersihkan rantai dan gir depan belakang secara berkala dan lumasi. jika ingin mengganti mata gir, sesuaikan dengan kebutuhan, mau lebih ringan tarikannya tapi mengorbankan top speed, atau sebaliknya. kalo mau lebih lagi, silakan coba main ratio.
di samping dua hal itu, poin kelima ini juga termasuk pemilihan oli yang baik untuk melumasi mesin agar minim gesekan dan juga mendinginkan mesin. ada lagi, mengurangi beban mesin dengan cara membubut magnet agar lebih ringan, menggunakan bearing/laker mesin yang lebih baik, tetapi harus tetap memikirkan kekuatan dan ketahanan komponen yang lain.
setelah itu, kurangi berat motor dengan cara misalnya mengganti velg balok dangan velg jari-jari, hindari aksesoris yang tidak perlu, bisa juga melepas beberapa bodi motor, tapi jangan sampai mengganggu fungsi yang ada, dan harus tetap mempertahankan kelengkapan standar keamanan seperti lampu-lampu dan semacamnya.

Kamis, 07 Maret 2013

Lampu Motor Sering Putus


Lampu motor sering putus?
Coba cek bagian-bagian ini :

1. Kiprok rusak, akibatnya arus menuju ke lampu berlebihan yang menyebabkan lampu kepanasan dan putus, solusinya ganti kiprok baru.

2. Spull sudah tidak normal, sehingga arus yang masuk ke kiprok tidak sesuai standar. Solusinya gulung ulang spull atau ganti baru.

3. Dudukan lampu kendor, sehingga menyebabkan getaran berlebihan pada lampu, akibatnya bola lampu cepat putus.

Kalau belum ketemu juga masalahnya silakan konsultasikan lagi ke bengkel kepercayaan Anda, baik itu bengkel resmi maupun bengkel umum.


Berlaku untuk lampu depan maupun belakang.


Senin, 04 Maret 2013

Membeli Sepeda Motor Bekas


Pilih beli motor baru apa motor bekas?

Sepeda motor baru kondisi ya pasti bener-bener baru. Lengkap dengan servis gratis dan oli gratisnya.
Tapi sepeda motor baru bukan segalanya. Lihat saja, banyak yang berminat sama sepeda motor bekas.
Dari pertimbangan ekonomis sampai karena suka sama sepeda motor keluaran lama, dengan alasan memiliki keunggulan dibandingkan sepeda motor sejenis dengan tahun yang lebih muda maupun karena saat ini tidak diproduksi lagi.

Yang perlu diperhatikan dalam membeli sepeda motor bekas / second tidak hanya dari kondisi mesin atau bodi saja, tetapi juga dari legalitas sepeda motor itu sendiri, mengingat banyak pemalsuan surat2 kendaraan akhir-akhir ini. Sepeda motor yang dibeli harus disertai surat-surat yang lengkap, meskipun dalam suatu kondisi ditemukan surat-surat lengkap tapi pajak mati / telat. pertimbangkan juga biaya yang akan dikeluarkan apabila pajaknya mati / telat.

Secara umum, pengecekan sepeda motor sebelum transaksi adalah:

Legalitas
Yang pertama, saat akan membeli 
sepeda motor bekas, periksa nomor rangka dan nomor mesin lalu cocokkan dengan yang tertera di STNK atau BPKB. Tidak ada salahnya untuk memastikan keaslian dokumen sepeda motor dengan mengunjungi kantor Samsat setempat untuk dilakukan tes fisik. Jangan malas untuk sedikit repot dalam hal ini.

Bagi yang berada di DKI Jakarta dapat menggunakan layanan SMS Polda Metro Jaya. Tinggal kirim SMS dengan format metro spasi nopol dan kirim ke 1717. Contohnya metro B1663RR. Akan ada SMS balasan yang berisi tipe sepeda motor, warna, tahun pembuatan dan masa STNK. Artinya nomor polisi sepeda motor yang bersangkutan memang telah terdaftar.

Kondisi Fisik
Periksa fisik sepeda motor seperti bodi, kaki-kaki, baut, spion, dan lainnya. Usahakan bagian-bagian sepeda motor masih sesuai dengan aslinya alias belum diganti-ganti.

Speedometer

Usahakan untuk tidak membeli sepeda motor bekas dengan kilometer di atas 30.000 km, karena biasanya akan banyak komponen mesin yang harus diperbaiki atau bahkan diganti. Tapi kalau memang harus membeli sepeda motor yang lebih tua, yakinkan kondisinya baik tidak ada masalah.

Nyalakan Mesin Sepeda Motor
Coba hidupkan mesin sepeda motor untuk mengetahui kondisi mesin apakah masih baik atau tidak. Hindari membeli sepeda motor yang mesinnya berbunyi kasar, walaupun tidak ada jaminan suara mesin yang halus itu kondisinya baik.

Perpindahan Gigi dan Rangka S
epeda Motor
Cobalah melakukan test ride dengan melakukan perpindahan gigi untuk sepeda motor non matik, bila perpindahan gigi terasa sulit dilakukan, kemungkinan kampas koplingnya sudah akan habis. Jangan beli sepeda motor bekas dalam kondisi demikian. 

Selain itu coba juga untuk melaju sekitar 40 km/jam, lalu tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan sepeda motor tidak sulit dikendalikan. Pengecekan rangka atau sasis sepeda motor juga diperlukan untuk mendeteksi kelurusan sasis.

Kebocoran Oli
Setelah melakukan test ride, saat mesin panas perhatikan juga apakah ada oli yang bocor di sela-sela mesin. Bila terjadi kebocoran sebaiknya jangan beli sepeda motor tersebut.

Kondisi Kelistrikan
Periksa kelistrikan dan lampu sepeda motor, seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, klakson, speedometer, dan elektrik starter sepeda motor. Bila semuanya berfungsi dengan baik, maka sepeda motor tersebut cukup layak untuk dibeli.



Kurang lebih begitulah cara mengecek kondisi keseluruhan sepeda motor yang akan dibeli dalam kondisi bekas / second. Untuk urusan harga bisa coba browsing di situs-situs jual beli agar tahu pasaran harganya saat akan membeli. Tentang tawar menawar harga, sebaiknya disertai alasan yang kuat agar tidak bikin marah pihak yang menjual.