Kamis, 04 April 2013

Oli samping : Campur Bensin atau Pisah?


Ada yang nanya nih :

Gan Sebenernya Oli samping lebih bagus pisah atw campur ? Motor ane Rx King , Soalnya ane sering liat rx king olsam nya campur, apa bagus tuhh?? Tolong jelasin se jelas jelasnya...

Contoh Gambar Pompa Oli Samping

Jawab :

bagusan pisah walaupun campur sebenarnya tidak masalah..

hal ini disebabkan oleh perbandingan campuran bensin dan udara..
jika oli samping terpisah, maka campuran bensin dan udara ideal.
jika oli samping dicampur bensin, maka campuran bensin dan udara KURANG ideal.

perbandingan ideal campuran udara : bensin kira-kira 14 : 1 (kira-kira lho ya, bukan mutlak)
artinya 14 molekul udara dan 1 molekul bensin..

dalam kondisi normal karburator mengabutkan 14 satuan udara : 1 satuan bensin
nah kalo oli samping dicampur bensin, harusnya kapasitas karburator mengabutkan 1 satuan bensin, tetapi 1 satuan bensin itu tidak murni alias tercampur oli samping.

anggap saja campuran bensin dan oli samping 9 : 1 (anggap saja lho ya, bukan sebenarnya)
jadi dengan pemakaian bensin campur, maka karburator akan mengabutkan =
14 satuan udara : 0,9 satuan bensin : 0,1 satuan oli samping

seharusnya =
14 satuan udara : 1 satuan bensin : x satuan oli samping (dari pompa oli)

Gimana, sudah paham?
Kalo belum paham bertanyalah

Catatan : angka-angka di atas hanya perkiraan dan pengandaian, bukan angka yang tepat untuk perbandingan yang sesungguhnya.

5 komentar:

  1. informasi dalam blog ini sangat bagus dan layak di publikasikan serta dibaca khalayak ramai.

    BalasHapus
  2. king saya pake olsam terpisah tapi saya juga campur tuh bensin dgn olsam, perbandingannya bensin full tang campur 0,5mln oli. kata org sih biar piston kita awet. bener gak ya ????

    BalasHapus
  3. Menurut saya, kalo oli samping terpisah dan mencampur juga itu memang akan membuat piston awet, tapi ingat kebanyakan oli juga bikin tenaga klebek. kebanyakan yang dicampur langsung ke bensin, alasanya untuk menjaga bilamana pompa oli rusak mesin akan macet. beda kalo campur langsung gak takut mesin macet karena pompa oli gak jalan.

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Buat ditaruh disamping nggak dibawah, udah jlas gitu masih nanya........

      Hapus